Hiu Sirip Putih (Whitetip Reef Shark)

White Tip Reef Sharks-Pinneng-Divemag Indonesia

Bernama latin Triaenodon obesus, ia adalah salah satu spesies hiu yang termasuk dalam daftar merah–artinya hampir terancam–International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Jumlah hiu sirip putih di dunia semakin sedikit, apalagi disertai dengan tingkat reproduksi hiu karang yang lambat dan preferensi habitat yang terbatas. Jenis hiu ini pun rentan terhadap eksploitasi berlebihan.

Hiu sirip putih yang biasa disebut juga dengan hiu karang adalah jenis hiu yang berkembang biak dengan cara vivipar. Ia biasanya berukuran sedang dengan panjang rata-rata sekitar 1,6 m. Anatomi tubuhnya terlihat ramping dengan kepala pipih luas, mata oval besar, dan khasnya adalah warna putih eponymus dari ujung sirip punggung ke sirip ekor.

Dinamai dengan hiu karang, sebab hiu sirip putih hidup di terumbu karang-terumbu karang berair jernih. Bisa ditemukan di kedalaman 8-40 m. Ia bisa ditemukan di area yang luas dari Indo-Pasifik, berkisar Samudera Hindia dari KwaZulu-Natal di Afrika Selatan atas pantai Afrika Timur ke Laut Merah dan anak benua India, termasuk daerah di sekitar Madagaskar, Mauritius. Di barat dan tengah Pasifik, mereka bisa ditemukan di selatan Cina, Taiwan, dan Kepulauan Ryukyu ke Asia Tenggara termasuk Filipina, Indonesia, dan Pantai Utara Australia. Ia juga tinggal di pulau-pulau Pasifik, seperti Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia, sejauh Hawaii di utara dan Kepulauan Pitcairn di tenggara. Di Pasifik timur, ia bisa ditemui di pesisir Kosta Rika, Panama, dan wilayah Kepulauan Galapagos.

Komunitas peduli laut yang mendukung penghentian eksploitasi hiu di perairan Indonesia melalui kampanye & edukasi kepada konsumen. Facebook Twitter

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *