Hiu Lonjor (Grey Reef Shark)

Source: internet

Jenis hiu yang satu ini memiliki banyak nama. Ia bernama latin Carcharhinus amblyrhynchos. Orang Indonesia mengenalnya dengan sebutan hiu lonjor, Merak bulu (Lombok), hiu lanjaman, atau cucut lanjaman (Jawa).

Hiu lonjor bisa ditemukan di perairan paparan benua. Ia kerapkali kelihatan berada di kawasan terumbu karang, dekat tubir, atau batas karang atol. Ia senang meliuk-liuk dan bersembunyi di antaranya. Atau, hiu lonjor senang juga berenang di lepas pantai pada lapisan permukaan hingga kedalaman 280 meter. Di Indonesia, kita bisa menemukan hiu lonjor di kawasan timur Indonesia, Samudera Hindia, dan Laut Cina Selatan.

Hiu ini memiliki ciri-ciri khusus, seperti tepi sirip ekor bagian belakang berwarna hitam melebar, ujung sirip dada bagian bawah berwarna hitam, ada guratan menonjol di antara sirip punggung yang tidak begitu jelas. Hiu ini dapat berkembang hingga seukuran 70-230 cm.

Jenis hiu yang hidup di perairan karang ini masih bisa sering kita jumpai. Namun, waspadalah, IUCN telah memasukkannya dalam daftar kuning yang berarti Near Threatened (Hampir Terancam).

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *