Hiu Merak Bulu (Dusky Shark)

Sumber foto: Wikipedia

Ia bernama latin Carcharhinus obscurus. Ialah spesies hiu requiem dari keluarga Carcharhinidae. Ia bisa dijumpai di perairan kepulauan dan paparan benua. Hidup di daerah dekat pantai hingga ke laut lepas, dari lapisan permukaan hingga kedalaman 400 m. Di Indonesia, jenis hiu ini bisa ditemukan di perairan Samudera Hindia.

Hiu yang juga dikenal dengan sebutan cucut lanjaman atau hiu lanyam (Jawa) ini memiliki ciri-ciri khusus. Di antaranya, sirip punggung pertama relatif lebih pendek, pangkalnya berhadapan dengan ujung belakang sirip dada, sirip-siripnya polos, sisi bagian belakang sirip dada melengkung dan berujung lancip, terdapat gurat di antara sirip punggung. Ia bisa tumbuh hingga seukuran 80-400 cm, dengan berat hingga 347 kg.

Hiu merak bulu ini mempunya makanan kesukaan ikan bertulang, pari, cumi, kadang-kadang juga krustasea, bintang laut, kura-kura laut, dan mamalia laut. Spesies ini vivipar dengan siklus reproduksi tiga tahun. Periode kehamilan 22-24 bulan, setelah itu ada tahun istirahat sebelum mereka hamil lagi.

Dusky shark adalah salah satu spesies hiu yang memiliki pertumbuhan lambat, mencapai usia dewasa baru di usia 20 tahun. Karena tingkat reproduksi yang lambat inilah, hiu ini masuk daftar The International Union for Conservation of Nature (IUCN) dengan kategori Vulnerable (Rawan).

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *