Hiu Sonteng (Silvertip Shark)

Sumber foto: Flickr

Silvertip atau bernama latin Carcharhinus albimarginatus, adalah spesies besar hiu requiem dari famili Carcharhinidae. Jenis hiu ini biasa hidup di perairan paparan benua, mulai dari perairan pesisir (juvenil) dan lepas pantai, hingga kedalaman 800 m (hiu dewasa). Mereka berdistribusi di seluruh wilayah tropis Samudera Hindia dan Pasifik, juga Laut Cina Selatan.

Hiu yang dikenal juga dengan nama hiu sonteng ini berwujud nyaris menyerupai hiu karang abu-abu (C. amblyrhynchos). Tubuhnya mudah diidentifikasi dari margin putih yang menonjol pada sirip-siripnya. Juga, dada dan ekornya berwarna putih. Hiu jenis ini juga memiliki gurat menonjol di antara sirip punggung.

Ukuran hiu sonteng bisa mencapai hingga 3 m (panjang). Merupakan vivivar, dengan betina yang mampu melahirkan 1-11 anak di musim panas. Reproduksi mereka lambat. Hiu sonteng masuk dalam daftar Near Threatened alias hampir terancam punah (IUCN).

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>