Manta Last Dance

5 January 2014 Leave a reply

Untitled-1

Shawn Heinrichs, seorang sinematografer, fotografer, scuba diver, juga konservasionis laut, bersama dengan tim dari Blue Sphere Media punya cara apik untuk mengkampanyekan penyelamatan pari manta (save manta).

Blue Sphere Media menciptakan sebuah proyek video berjudul “Manta Last Dance”. Bekerja sama dengan model underwater bernama Hannah Fraser, video tersebut merekam keindahan balet seorang manusia bersama pari manta. Hannah Fraser sudah dikenal sebagai penari underwater sangat berbakat.

Dalam beberapa tahun terakhir, tim Blue Sphere Media telah merekam jejak-jejak visual Hannah bersama beberapa satwa yang terancam punah, seperti whale shark, humpback whale, pilot whale, dan lumba-lumba. Kini, saatnya pari manta–bersamaan dengan momen ketika Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) menyatakan pari manta termasuk dalam daftar “merah”.

Manta Last Dance mencoba untuk menangkap keindahan dan keanggunan manta sebagai makhluk yang agung. Diharapkan, visual-visual ini mampu membuka mata masyarakat tentang kecantikan manta, jatuh cinta padanya, dan berhenti memburunya untuk dibunuh dan disantap.

Pari manta banyak diburu beberapa tahun belakangan. Banyak yang menghargainya hanya puluhan ribu rupiah per ekor pari kecil. Sementara, jika dibiarkan hidup dan menjadi daya tarik pariwisata berbasis pari manta, satwa-satwa anggun ini mampu bernilai hingga Rp150 juta rupiah per tahun.

Kita jelas-jelas harus menghentikan perburuan pari manta untuk kelestarian mereka. Dan, “Manta Last Dance”, saya bisa bilang, adalah salah satu cara dari Blue Sphere Media untuk mengkampanyekan penyelamatan manta dengan indah. Yes, you can make a difference! #SaveManta

Mantas Last Dance from Blue Sphere Media on Vimeo.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>