Pemburu Manta di Bali Tertangkap

11 November 2014 Leave a reply

Foto: Paul Hilton

Step Vaessen, reporter Al Jazeera, melaporkan penangkapan seorang lelaki yang kedapatan menangkap pari manta, yang termasuk hewan yang dilindungi. Menurut UU No. 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, dan diubah melalui UU No. 45 Tahun 2009, serta Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No. 4/Kepmen-KP/2014 bahwa pari manta merupakan spesies yang mendapat perlindungan penuh di perairan Indonesia. Maka, adalah hukum yang berbicara jika kita mendapati individu atau kelompok yang masih memburu dan memperdagangkan pari manta.

Lelaki ini ditangkap oleh Wildlife Conservation Society bersama Kementrian Kelautan dan Perikanan di Bali karena kedapatan telah menjadi dealer perdagangan pari manta. Pari manta yang ditangkap di perairan sekitar Bali dijual ke beberapa negara. Seperti, banyak permintaan insang manta di Cina karena insang tersebut dianggap mampu mengobati ruam kulit, bahkan penyakit berat lain, seperti kanker. Meskipun hingga ini, tidak ada penelitian ilmiah yang membenarkan hal itu.

Karena perburuan disertai tingkat reproduksi yang rendah inilah, pari manta terancam eksistensinya.  Sudah saatnya menghentikan perburuan pari manta ini. Save manta, save our ocean, save ourselves!

Source: Al Jazeera

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>