Save Our Animal dalam Festival Budaya UI Ke-29

12 December 2014 Leave a reply

Kesadaran untuk melindungi hewan-hewan di Indonesia perlu ditingkatkan. Hal ini yang mendasari tema acara talkshow dalam Festival Budaya UI ke-29 yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia pada 3 Desember 2014. Acara yang digelar di Aula Terapung Perpustakaan Pusat UI, mengundang pihak-pihak yang peduli terhadap isu perlindungan hewan dan isu lingkungan secara keseluruhan. Tim #SaveSharks Indonesia berpartisipasi menjadi salah satu narasumber acara talkshow ini bersama dengan WWF Indonesia, Pro Fauna, dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) UI.

The speaker of Save Our Animals Festival Budaya UI

Dalam acara ini, tim #SaveSharks Indonesia diwakili oleh Dithi Sofia, berbagi cerita mengenai kegiatan #SaveSharks Indonesia yang selama ini dilakukan. Mulai dari Itong Goes to School, Itong Goes to Campus and Community, sampai mengangkat cerita inisiatif teman-teman volunteer #SaveSharks Indonesia lain yang mengadakan kegiatan kreatif untuk mendukung ditingkatkannya kesadaran perlindungan hiu di Indonesia. Dalam sesi sharing ini, cerita #SaveSharks Indonesia mendapatkan respons yang baik oleh para mahasiswa dan publik yang datang ke acara ini.

Sesi diskusi

Masih banyak yang mengira hiu itu jahat, pemakan manusia dan berbagai citra buruk lainnya. Di sinilah peran mahasiswa dan generasi muda lainnya untuk sadar akan peran penting hiu bagi ekosistem laut dan ketersediaan makanan laut untuk manusia pada umumnya. Setelah tahu dan sadar, para generasi muda diharapkan juga menyebarkan informasi ini dengan media yang semakin canggih saat ini dan dengan cara kreatif masing-masing.

Dithi Sofia dari #SaveSharks Indonesia

 

Semua narasumber pun sepakat bahwa pemerintah, swasta dan masyarakat pun berperan serta dalam perlindungan hewan-hewan yang mengalami masalah perburuan yang semakin meningkat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Regulasi, edukasi dan sosialisasi mengenai perlindungan hewan dan konservasi lingkungan akan bisa terlaksana dengan baik jika semua pihak berperan secara aktif dan kreatif demi terjaganya lingkungan hidup yang sehat dan lestari.

 

Sumber foto: Panitia Festival Budaya UI ke-2

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>